5 Layanan Cloud Back Up Terbaik di 2021| Aplikasi - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Layanan Cloud Back Up Terbaik di 2021| Aplikasi

Cloud Back Up - Pada saat kita mempunyai data yang penting di laptop, komputer, ataupun di handphone kita yang ternyata mendadak mengalami masalah misalnya, kena virus (hang) atau tiba-tiba jatuh dan rusak sehingga data penting yang sudah di siapkan jadi sia-sia.

BACA JUGA : 10 SITUS WEB PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Itulah kenapa sebelum hal tersebut terjadi ada kalanya kita harus mempersiapkan back up data terlebih dahulu apalagi datanya dibutuhkan sekarang, tidak mungkin kan nunggu sevicenya selesai.

Itulah pentingnya membackup data, back up yang dimaksudnya bisa dari kontak, file, atau dokumen-dokumen penting.

Namun sebelum memback up data kita harus mengetahui dulu apa itu dan apa saja rekomendasi layanan back up terbaru yang terbaik dan tentunya aman.

  • Apa itu Back Up

Back up merupakan proses dimana kita selaku pengguna menduplikasi data penting seperti file atau dokumen ke satu perangkat atau media penyimpanan sekunde (perangkat tersendiri) seperti Hardisk Eksternal, Flashdisk, Sistem Cloud, Handphone cadangan, Memory card, dan media  yang lainnya.

Back up data bisa dilakukan secara online maupun offline, untuk online hanya pada sistem cloud yang membutuhkan jaringan internet karena cara kerjanya kita harus mengupload data ke server, dan untuk offline sendiri pengiriman file berbasis transfer data copy paste.

  • Apa itu Cloud

Ada perbedaan antara hanya memback up data saja dengan memback up data dengan memakai layanan Cloud ( Cloud Computing).

Tanpa cloud : dimana kita hanya mengirim file atau data ke unit penyimpanan perangkat keras (fisik) bersifat offline.

File pun hanya bisa diakses selama perangkat yang digunakan untuk back up data masih berfungsi dengan baik.

BACA JUGA : ODOO SOFTWARE ERP BERBASIS OPEN SOUCE PEMBANTU DUNIA BISNIS

Pakai Cloud : Back up data dengan layanan cloud (Hosting) memungkinkan kita untuk menyimpan file atau data penting kita ke dalam satu server penyimpanan data di salah satu layanan unit penyimpanan digital.

Yang dimana kelebihannya adalah kita dapat mengakses data tersebut kapan saja kita mau selama perangkat yang kita miliki tehubung dengan jaringan internet.

  • Alasan kenapa memilih Cloud Back up

Cloud Back up lebih bersifat aman dan mudah di akses, kenapa ?.

Karena, beberapa layanan Cloud Back up akan memungkinkan kita untuk mengidentifikasi identitas seperti data diri atau log in kepada para pelanggannya sebelum mengakses maupun paska saat kita ingin menggunakan layanan mereka.

Layanan yang diberikan pun ada yang free & premium atau berbayar,

1. Dropbox

Siapa yang tidak kenal dengan layanan Dropbox ini ?, untuk para kalangan blogger pasti ini tidak asing lagi, tahukah kamu bahwa Dropbox rupanya lebih dulu lahir dibandingkan dengan Google Drive, yaitu pada 04 Mei 2010.

Yang lebih menariknya layanan ini memberikan kita akses menyimpan, membagikan file ke siapa pun, dan mengakses file yang kita upload menggunakan perangkat apa saja. (selama ada internet)

BACA JUGA : CUAN - CUAN DI TWITTER DARI FITUR BARU SUPER FOLLOWS

Dropbox memberikan ruang kosong penyimpanan sebesar 2GB bagi pengguna yang ingin menggunakan secara gratis.

Kita pun juga dapat mengupgrade ke versi yang premium dengan nama & penyimpanan :

  • Dropbox Plus : 2TB
  • Dropbox Pofesional : 3TB

Tentunya, bagi para pengguna yang gratis maupun yang berbayar dropbox memberikan keamanan dengan cara kita bisa mengetahui jikalau ada perubahan pada file kita di dropbox.

2. Google Drive

Jika ada orang yang main gadget atau perangkat teknologi internetan tapi tidak familiar dengan aplikasi ini, ampun lah sudah.

Minimal kita sekedar tau nama dan kegunaannya apa Google Drive ini, sedikit info dropbox memiliki saingan dalam program cloud back up ini semenjak google drive diluncurkan pada 27 April 2011 lalu.

Aplikasi cloud back up Google Drive memberikan kita akses dengan mudah selama kita terkoneksi dengan Akun Gmail kita.

Disini kita dapat mengupload file atau data penting secara gratis dengan penyimpanan kosong sebanyak 15GB.

BACA JUGA : CARA AGAR LAPTOP AWET DAN TAHAN LAMA

Tentunya google drive juga memberikan sistem premium atau berbayar kepada para penggunanya dengan cara mengupgrade ruang kapasitas kita menjadi 100GB atau 1TB yang di bayar selama tiap bulan atau bisa bayar secara per tahun.

3. IDrive

IDrive menawarkan kepada penggunanya ruang penyimpanan sebesar 5TB secara gratis dan 10TB dengan berbayar, Informasi yang beredar mengatakan kalau IDrive merupakan Cloud back up yang terbaik, karena keunikan yang dimilikinya.

IDrive memliki 2 fitur yang sangat unik yang dimana saat kita sengaja atau tidak sengaja menghapus sebuah file dari perangkat kita, maka file tidak akan hilang secara langsung atau bisa dibilang otomatis menghilang, melainkan data akan tetap tersimpan di sebuah server.

Yang kedua, IDrive memberikan fitur kepada penggunanya untuk mengirim data ke harddisk fisik yang dimana sewaktu -waktu jika data kita menghilang.

4. BackBlaze

BackBlaze memiliki desain penggunaan yang sederhana sehingga dapat digunakan denga lebih mudah, backblze pun memiliki layanan cloud back up dengan harga yang terjangkau namun dapat diandalkan.

BACA JUGA : KEYWORD PINTEREST YANG JARANG DIKETAHUI ORANG

Dengan penyimpanan yang di berikan sebanyak 6TB atau sekitar 6000GB, merupakan penyimpanan yang sangat besar untuk digunakan tiap orang, terutama dalam mempercayakan data penting mereka di BackBlaze ini.

BackBlaze yang dikenal dengan solusi untuk memback up data secara unlimited memiliki tingkat keamanan yang canggih, dengan cara mengenkripsi semua file ke AES Standar 128-bit yang dimana enkripsi file ini bisa dibilang keamanan yang sangat sulit untuk di tembus.

5. Acronis

Acronis ini dulunya mempunyai nama yang dikenal dengan Acronis True Image (bukan gambar), beberapa saat kemudian mereka mengganti nama menjadi Acronis Cyber Protect Home Office yang sudah masuk kedalam salah satu solusi cloud back up data yang paling andal.

Acronis adalah host yang memberikan para penggunanya beberapa opsi percadangan (back up data) dan memberikan keamanan yang baik pula.

Acronis True Image adalah laynan yang berganti nama menjadi acronis cyber protect home office dan merupakan solusi percadangan online paling andal dengan sejumlah opsi percadangan dan keamanan yang baik.

Opsi seperti, Acronis Secure Zone, Acronis Drive Cleanser, Acronis Third Party Tool dan lainnya memiliki sistem pengerjaan mereka sendiri-sendiri.

BACA JUGA : REVIEW BY.U TERBARU 2021 : KELEBIHAN,KEKURANGAN,PAKET, DLL

Kekurangan Acronis ialah akan memberikan sistem Cloud back up jika kita membayar di fitur Advanced atau Premium saja, untuk Essentials (Gratis) tidak akan diberikan penyimpanan back up.

Advanced sebesar 500GB dengan beberapa fitur tambahan dan bisa di upgrade lagi ke Premium yang data penyimpannya sebesar 1TB yang sama juga ditambahkan beberapa fitur.

Post a Comment for "5 Layanan Cloud Back Up Terbaik di 2021| Aplikasi"