Odoo Software ERP berbasis Open Source pembantu Dunia Bisnis - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Odoo Software ERP berbasis Open Source pembantu Dunia Bisnis

Odoo erp - Mungkin untuk di Indonesia sendiri mengenai perangkat lunak open source yang satu ini sangat jarang sepertinya diketahui publik dan hanya sebagian saja. (diketahui belum digunakan)

BACA JUGA : CARA MEMULIHKAN FILE DI GOOGLE DRIVE YANG SUDAH TERHAPUS

Odoo sebelumnya dikenal dengan nama OpenERP S.A, dan

Odoo merupakan software berbasis open source yang isinya kumpulan tools mengenai manajemen bisnis yang meliputi Penagihan, Akuntansi, Manufaktur, Gudang, Manajemen Proyek, CRM, E-commerce, dan Manajemen Stok.

Odoo sudah mendapatkan perjanjian lisensinya sendiri sebagai perangkat lunak yang layak dan aman dibawah GPLv3 (GNU General Public License Version 3).

  • Awal Mula

Sebelum dikenal dengan nama Odoo, nama pertama kali yang dikenal oleh publik yakni TinyERP yaitu pada tahun 2005 dan didirikan oleh Fabien Pinckaers yang merupakan CEO Odoo pada saat ini.

Nama TinyERP digunakan selama 3 tahun lamanya, yang kemudian diganti dengan nama yang lebih dikenal publik saat itu, yaitu OpenERP, nama ini digunakan sampai 8 tahun lamanya.

Yang menariknya, perusahaan Fabien Pinckaers ini mendapatkan sebuah penghargaan pada tahun 2013 dari Deloitte sebagai perusahaan yang paling berkembang secara cepat di Belgia.

Setelah mendapatkan penghargaan, setahun kemudian lebih tepatnya tahun 2014 perusahaan OpenERP mulai mengubah namanya menjadi Odoo, dengan tujuan agar dapat memperluas imagenya selain dari sekedar ERP saja.

  • Apa itu ERP

ERP (Enterprise Resources Planning) yaitu sebuah sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis di dalam suatu perusahaan atau kesatuan yang saling terhubung seperti bidang marketing, acounting, produksi, dan pembelian.

BACA JUGA : WORK FROM HOME - CARA AGAR BISA MULAI KARIER DARI RUMAH

ERP juga menyediakan reporting tools dan akan menyimpan semua transaksi yang dilakukan ke dalam suatu database yang digunakan oleh perusahaan.

  • Kegunaan ERP

Kegunaan software ERP ialah dapat memberikan laporan secara lengkap, akurat, dan secara real time mengenai :

  1. Sumber Daya Manusia
  2. Sumber Daya Material
  3. Mesin
  4. Dan sebagainya.

Yang mana laporan yang sudah di kumpulkan digunakan untuk membantu memanajemen perencanaan bisnis kedepannya, manajemen lebih mudah membuat keputusan, melakukan keputusan yang mana akan mengembangkan bisnis suatu perusahaan.

  • Apakah Odoo ada di Indonesia?

Tentu saja, Odoo sudah mengembangkan perusahaannya dengan membuka kantor perwakilan atau kantor cabang di berbagai penjuru dunia, seperti Dubai, Luxemburg, New York, Hong Kong, dan lainnya, dengan letak pusat perusahaannya berada di Belgia.

Tapi apakah di Indonesia ada?, iyaa ada.

BACA JUGA : CARA AGAR LAPTOP AWET DAN TAHAN LAMA

Walaupun Indonesia tidak di letakkan kantor cabang odoo, tapi Odoo memiliki kerjasama dengan beberapa rekan dan perusahaan IT yang terpercaya di Indonesia.

  • 2 Versi Odoo

Odoo memiliki 2 jenis versi yang bisa digunakan :

1). Odoo Enterprise

Fitur pada Odoo Enterprise itu lebih canggih jika dibandingkan dengan versi satunya, perbandingannya terletak pada fitur yang lebih ekstra.

Yang dimana jika ada perusahaan yang ingin membutuhkan fitur extra seperti mobile version misalnya, untuk perusahaan jual beli (e-commerce) yang terkoneksi dengan perusahaan yang menyediakan layanan perkapalan (Shipping) atau Full Accounting Support.

Nah, versi satu ini digunakan untuk memudahkan akses, itulah kenapa mungkin Odoo Enterprise ini bisa menjadi pertimbangan yang layak untuk digunakan di perusahaan besar.

BACA JUGA : KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI INDIHOME

Namun Odoo Enterprise merupakan layanan versi Odoo membayar lisensi secara berkala agar bisa mengakses Source code nya. 

2). Odoo Community

Odoo versi yang ini memiliki perbedaan dalam segi kekuatannya bisa dibilang kurang namun tidak juga, itulah kenapa membutuhkan seorang ahli IT terkemuka untuk memasang dan mengcustom aplikasi ini agar bekerja secara akurat.

Yaitu, memiliki sekitar 30 jenis modul utama yang diperbarui secara berkala, dan 16.000 lebih modul yang dikembangkan oleh beberapa developer community.

BACA JUGA : 10 SITUS WEB PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Akibat dari hal itu, Odoo pun terus berkembang setiap harinya yang menjadikan software aplikasi bisnis yang paling banyak terinstall pada saat ini.

Odoo Community lah open source nya, tidak perlu bayar lisensi secara berkala dan source code untuk modul yang di dalamnya bisa diakses secara gratis.

  • Contoh Menu Oodo

Post a Comment for "Odoo Software ERP berbasis Open Source pembantu Dunia Bisnis"