Cara agar laptop awet dan tahan lama - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara agar laptop awet dan tahan lama

Laptop merupakan kebutuhan bagi sebagian besar orang terlebih untuk seorang Pelajar. Laptop biasanya sering di gunakan dan dipakai setiap hari.

BACA JUGA : SPESIFIKASI DAN HARGA REALME WATCH S

Dan karena inilah laptop mudah untuk rusak tapi ada juga loh beberapa hal yang menyebabkan laptop menjadi rusak :

1. Meletakkan minuman dan makanan di dekat laptop

Laptop adalah barang pribadi yang wajib di bawa apalagi untuk bekerja, agar tidak boring biasanya orang yang bekerja menggunakan laptop  akan memilih kafe atau tempat sejenisnya untuk bekerja.

Jika anda sering meletakkan laptop anda di dekat makanan maka hal ini harus di hindari karena bisa merusak laptop.

Misalnya saja tiba-tiba gelas tumpah dan mengenai laptop, atau remah-remah makanan jatuh di keyboard yang bisa menyebabkan kerusakan yang serius.

2. Tidak sering membersihkan laptop

Terkadang beberapa orang malas untuk Membersihkan Laptop padahal dengan membersihkan laptop secara rutin ini bisa membuat laptop awet dan bertahan lama.

Komponen penting yang harus rutin di bersihkan adalah keyboard dan kipas terutama pada bagian keyboard, Keyborad sangatlah mudah untuk rusak maka dari itu sebaiknya di bersihkan secara rutin agar debu tidak masuk di dalam mesin. 

3. Meletakkan laptop dekat dengan ponsel

Ponsel dapat mengeluarkan Medan Magnet yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop, begitupun sebaliknya ponsel atau hp juga bisa rusak.

BACA JUGA : HP 3 JUTAAN TERBAIK DENGAN SPEK TINGGI COCOK BUAT GAMING

Jika anda sering melakukan kebiasaan ini maka sebaiknya harus di hindari.

Jarak yang paling baik untuk meletakkan gadget adalah 17-30cm

5. Sering meletakkan laptop diatas bantal

Bantal adalah salah satu benda yang empuk, yang ternyata jika meletakkan laptop di tempat yang empuk bisa menutup ventilasi laptop sehingga pada saat di gunakan laptop menjadi cepat panas dan lama kelamaan dapat menyebabkan laptop menjadi rusak. 

Tips meletakkan laptop yang benar adalah dimeja. Jika di atas bantal atau sofa maka sebaiknya lapisi bagian bawa laptop dengan buku yang tebal. Agar ventilasi udara tidak tertutup.

6. Membiarkan baterai laptop 0%

Sama hal nya dengan smartphone, membiarkan Baterai Laptop 0% juga dapat membuat baterai memiliki umur yang pendek, jika sudah rusak biaya untuk mengganti baterai laptop terbilang cukup besar. 

Sebaiknya jika sudah ada notifikasi untuk mencharger laptop maka sebaiknya langsung untuk mengecas nya. 

Lalu bagaimana cara agar laptop awet? Berikut ulasannya

1. Jangan bawa lari-lari laptop anda

Jika anda memiliki sebuah laptop dan biasanya anda bawa menggunakan tas. Itu harus hati-hati dalam membawanya, terutama laptop anda menggunakan harddisk.

BACA JUGA : TUTORIAL CARA MENGGANTI BATERAI TANAM DI HP ANDROID

Hardisk sendiri tidak tahan pada guncangan jadi jangan biasakan bawa laptop sambil lari lari, karena hal tersebut bisa membuat komponen laptop mudah untuk rusak. kecuali laptop anda menggunakan SSD itu tidak masalah. 

2. Jangan biarkan laptop anda menjadi panas

Menjaga Suhu Laptop sangatlah penting, jangan pernah membiasakan laptop dipakai saat panas, sebenarnya penyebab laptop menjadi panas adalah karena lubang ventilasi udara tertutup oleh debu. 

Kita tahu bahwa fungsi ventilasi udara di laptop yaitu sebagai tempat keluarnya udara panas dan masuknya udara. 

Untuk cara agar laptop tidak terlalu panas adalah memeriksa kipas apakah berfungsi dengan benar, tidak meletakkan laptop di pangkuan, meletakkan laptop di atas buku atau meja, jangan paksakan laptop untuk multitasking seharian. 

3. Rutin membersihkan laptop dari debu

Debu juga dapat merusak laptop karena itulah secara rutin anda harus membersihkannya, selain itu anda harus memerhatikan juga tempat dimana anda meletakkan laptop misalnya di meja.

Kebersihan meja harus benar-benar di perhatikan sebelum meletakkan sebuah laptop.

Jika tidak memerhatikan hal tersebut debu dan kotoran yang ada di meja dapat menutup ventilasi laptop dan dapat menyebabkan laptop menjadi panas dan cepat rusak

4. Tidak menyimpan laptop dengan barang lain

Dimana anda biasanya meletakkan atau Menyimpan Laptop??? Paling umum adalah di tas. Dan faktanya menyimpan laptop di tas biasanya di gabung dengan pulpen, buku, perlengkapan pribadi, dan lain lain.

BACA JUGA : SPESIFIKASI DAN HARGA REALME Q2 DAN Q2 PRO

Hal inilah yang harus di perhatikan laptop harus di simpan berpisah. Karena biasanya hal tak terduga bisa saja terjadi misalnya pulpen bisa bocor dan mengenai laptop.

Post a Comment for "Cara agar laptop awet dan tahan lama "