Mengatasi sendiri K-vision yang Hilang Sinyal tanpa Bantuan teknisi - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi sendiri K-vision yang Hilang Sinyal tanpa Bantuan teknisi

Halo semua, Denfol disini. Kali ini kita akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi K-vision yang tiba-tiba bisa kehilangan sinyal, sendiri tanpa bantuan teknisi.

BACA JUGA : VIRAL!! APLIKASI PENGHASIL CUAN TERCEPAT DAN TERBUKTI MEMBAYAR

Bukankah kita semua setuju betapa menjengkelkannya jika kita sedang asyik-asyiknya menonton acara tv tiba-tiba layar menghilang akibat tidak adanya sinyal.

Maka dari itu kita akan memberikan tips cara mengatasinya, khususnya untuk pengguna K-Vision pasti sering mengalami gangguan kondisi yang dimana mendapat notif bahwa decoder tidak menerima sinyal di layar tvnya.

Masih banyak para pelanggan yang mengeluh perihal masalah ini, jadi banyak juga yang memanggil teknisi untuk mengatasi masalah in. Padahal sebenarnya tanpa teknisi pun kita tetap bisa menyelesaikan masalah ini, jika kita tetap ingin menemukan jalan keluar dan tidak buntu saja sih.

Pertama-tama ktia harus tau terlebih dahulu apa-apa saja yang menyebabkan Kvision bisa kehilangan sinyal :

  • Kabel longgar atau terlepas
  • Konektor sudah tidak layak pakai
  • Gagal atau Belum di Aktivasi
  • Posisi Parabola tergeser
  • Low Noise Block (LNB) rusak
  • Salah Setting Antena
  • Receiver Kvision error

Dan penyebab terkahirnya ialah perangkat Decoder memang tidak bisa menerima sinyal. Kita sudah tau apa saja peyebab dari Kvision bisa kehilangan sinyal, hal kedua yang harus kita lakukan adalah mencoba mengatasi hal ini sendiri dahulu sebelum memanggil teknisi, kenapa?.

BACA JUGA : KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KVISION

Mengurangi biaya service (mungkin saja free pay, kita tidak tau juga kan) dan jika terjadi lagi kita sudah tau apa saja yang akan kita lakukan.

  • Mengecek parabola

Jika intensitas sinyal sudah menjadi 60 sementara kualitasnya masih 0, kemungkinan masalah ada di bagian parabola yang bergeser atau arahnya tidak tepat.

Parabola tergeser bisa terjadi karena beberapa hal seperti kondisi cuaca, bencana alam, atau kejadian karena hewan dan bagian-bagian pohon yang menghalangi arah sinyal parabola menuju satelit.

Jika memang demikian kita perlu melakukan Repointing atau mengatur parabola kembali ke arah yang tepat.

Kita bisa menggunakan aplikasi bantuan tracking Android untuk mencari sinyal parabola agar lebih akurat seperti Satfinder, Satelite AR, DVD Finder, Satellite Dish Pointer, Satelite Pointer, dan lainnya.

Bagi pelanggan baru, biasanya Receiver yang tidak menerima sinyal disebabkan oleh salah pada pengaturan satelit atau lupa memasukkan frekuensi transponder K Vision.

  • Cek Kabel Antena

Pertama Kita juga harus memperhatikan apakah bagian kabel ada yang terkelupas, bengkok, atau berkarat akibat pemakaian yang sudah lama.

  • Kita bisa mencoba Cek di kabel antena yang tersambung ke receiver. 
  • apakah kabel Longgar atau Tidak Terhubung.
  • Jika iya, kita harus Memasangnya kembali. 
Note: walaupun terhubung atau tidak kita bisa mecoba dengan melepas dan memasangnya kembali. ( kadang hal ini manjur juga)
  • Jika masih belum ada perubahan, kita coba lepas ujung kabel yang terhubung ke LNB
  • lalu pasangkan kembali.
  • Selanjutnya, coba matikan receiver lalu nyalakan kembali.
  • Kalau sudah, cek intensitas dan kekuatan sinyal yang diterima oleh receiver K-Vision.

  • Cek Pengaturan Antena

Jika ingin menargetkan satu satelit, maka sebaiknya kita mengubah pengaturan Diseqc ke Disable dan 22K ke OFF.

BACA JUGA : CARA MUDAH MENYUSUN CHANNEL KVISION BROMO c2000

Kita harus memastikan bahwa polarisasi sudah tepat sesuai dengan frekuensinya masing – masing dengan pengaturan frekuensi LNB C-band adalah 5150 sementara untuk Ku-band ialah 9750/10600.

Jika menggunakan lebih dari satu satelit, maka kemungkinan pengaturan pada bagian Port Switch ada yang salah. Kita bisa cek dulu apakah port sudah benar, dan jika tidak bisa kita ubah pengaturan 22k dari ON ke OFF

  • Mengganti Satelit lain

Masalah pada satelit sangat jarang terjadi, namun bukan berarti tidak menjadi kemungkinan bukan menjadi penyebabnya.

Sebagai contoh nyatanya ialah Ketika K-Vision memutuskan untuk pindah ke Telkom 4 karena gagalnya satelit Nusantara 2 sebagai pengganti dari satelit Palapa D, mungkin saja banyak yang mengalami masalah pada settingan satelitnya karena kudet atau gaptek.

Yang kita perlu lakukan ialah memasukkan frekuensi baru di Telkom 4 dan lakukan scan ulang. Tunggu beberapa saat, lalu sinyal akan kembali lagi seperti semula.

  • Cek Reciver

Bagi pengguna baru kemungkinan penyebabnya karena Decoder kita belum di aktivasi. Tidak perlu panic, karena cara aktivasinya mudah saja kok.

Kita bisa meminta aktivasi ke toko dimana kita membeli perangkat decoder nya, atau kita juga bisa melakukan aktivasi sendiri dengan menghubungi nomor Call Center Kvision :

0811 9500 828 atau 0855 1500 828

Sebelum menghubungin Call Center nya kita harus cek dulu nomor pelanggan kita, apakah kita sudah memiliki nomor pelanggan apa belum, dengan cara mengirim pesan dengan format CEK Serial Number K-vision ke nomor tersebut.

Jika belum kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar terdaftar.

BACA JUGA : 9 APLIKASI PENGHASIL UANG TANPA MODAL 2021 TERBUKTI MEMBAYAR!!

    Begitulah Mengatasi sendiri K-vision yang hilang sinyal. Kita bisa coba dahulu untuk mengatasi masalah ini sendiri. Seperti yang kami bilang tadi, jika memang kita sudah buntu bagaimana cara memperbaikinya baru kita bisa memanggil teknisi untuk membetulkannya.

Post a Comment for "Mengatasi sendiri K-vision yang Hilang Sinyal tanpa Bantuan teknisi"