Cara Praktis Mempermudah Searching di Google jadi Lebih Efektif Akurat - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Praktis Mempermudah Searching di Google jadi Lebih Efektif Akurat

Cara Mudah Searching - Google merupakan salah satu perangkat Search Engine yang paling banyak di gunakan dari berbagai kalangan ketika ingin mencari bermacan-macam neis informasi di dunia digital.

Walaupun menjadi salah satu tempat untuk mencari informasi yang paling banyak digunakan, pastinya informasi-informasi akan mudah untuk didapatkan. Sayangnya tidak, ada kalanya beberapa pengguna sedikit kesulitan saat menemukan informasi yang di inginkan.

BACA JUGA : KEYWORD PINTEREST YANG JARANG DIKETAHUI ORANG

Penyebabnya sendiri ialah orang-orang seperti kami ini, yaitu makin maraknya seorang Blogger (Penulis Artikel Lepas), dimana kami bebas ingin memberikan informasi apapun untuk para pengguna search engine google.

Nah, karena penyebab tersebut pula bukan berarti informasi yang di cari tidak bakalan di temukan, ada namun tidak isi kadang sedikit akurat.

Berikut ada cara praktis, efektif, dan akurat mempermudah Searching di Google yang bisa kita gunakan kapan saja saat ingin mencari informasi.

1. Gunakan "intitle:" dan "inurl:"

Penggunaan cara ini digunakan untuk mencari kata-kata tertentu seperti sebuah Judul Situs (denfol.com) dan URL website tapi dengan searching khusus yaitu intitle: dan inurl:

Contoh, saat kita mencari informasi namun ingin melihat dari situs web tertentu, gunakan "inurl:namawebsite". Jika ingin mencari artikel gunakan "intitle:namawebsite".

Note: Kedua kata perintah tersebut tidak hanya memberikan isi artikel saja, namun infomasi mengenai situs web ada di platform mana saja, seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya.

2. Tanda Minus, Kurang, atau Penghubung ( - )

Penggunakan kata ( - ) pada saat searching di google berfungsi untuk memperkecil informasi pencarian namun informasi yang di dapat lebih detail, dengan mengecualikan kata yang sudah diberikan tanda ( - ) di kata depannya.

Contoh, kita ingin mencari informasi mengenai sup daging, tapi yang kebanyakan muncul malah "sup daging sapi" sedangkan yang kita cari ialah sup daging yang lain. lihat gambar

BACA JUGA : TIPS MEMULIHKAN FILE di GOOGLE DRIVE YANG SUDAH TERHAPUS

Informasi mengenai sup daging sapi sudah dihilangkan dan informasi mengenai sup daging lebih di perkecil.

3. Gunakan Kata Angka Untuk Mencari Informasi

Penggunaan kata angka lebih bisa di katakan sebagai tambahan agar informasi yang di dapatkan lebih jelas, biasanya penggunaan kata ini sering di pakai saat mencari biografi seseorang atau mengenai informasi yang berhubungan dengan tanggal,bulan, dan tahun.

Contoh, Jika kita mengetik di kolom pencarian kata "Orang kaya 2000", maka hasil yang di munculkan sebagian besar "Orang kaya pada tahun 2000-an" atau sekumpulan informasi mengeai orang kaya di tahun berapa saja.

Karena pada saat kita mencari informasi di google dengan adanya penambahan angka pada saat penelusuran, search engine google akan mempersempit pencarian informasi sehingga informasi yang di berikan lebih jelas sesuai dengan kata pencarian.

4. Menggunakan Gambar

Mencari informasi dengan gambar atau ingin mencari gambar yang sama, mungkin kita ingin mencari informasi mengenai sebuah gambar pemandangan namun kita tidak tahu ini lokasi dimana dan negara mana.

BACA JUGA : 10 SITUS WEB PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Dengan mencantumkan gambar pada search google, nanti google akan memberikan informasi mengenai gambar dan hal-hal yang berkaitan dengan gambar yang serupa.

Caranya :

Anda bisa melakukannya dengan cara mengunggah gambar Anda atau menempelkan URL gambar yang ingin Anda cari.
  • Buka Google.
  • Klik Images.

  • Klik ikon Kamera.

  • Pilih Upload an image (upload gambar).
  • Kemudian Pilih gambar dan upload.

  • Selesai dan muncul informasi mengenai gambar.

Kita juga bisa mencari informasi mengenai gambar dengan Menyalin URL gambar, kemudian kita masuk ke Images tadi, dan pilih Paste Image URL, selesai.

Dengan cara ini, Google akan memunculkan referensi gambar atau gambar yang sama dalam ukuran yang berbeda atau menunjukkan sumber gambar.

5. Nominal Mata Uang

Search Engine Khusus mengenai kurs mata uang di dunia, mungkin ada yang ingin mencari kurs mata uang bagaimana hari ini apakah naik atau turun atau ingin melihat kurs mata uang di beberapa tahun silam.

Cuman ketik aja dolar ke rupah, rupiah ke dolah nanti hasil yang akan muncul berupa angka $1 = 14ribu sekian atau kita bisa mencari nominalnya langsung, contoh "2 juta rupiah berapa dolar" google akan otomatis menominalkan kata 2 juta tersebut ke bentuk dolar.

6. Search Tools

Filter SearchTools khusus jika kita ingin mencari informasi dengan sangat-sangat detail, bahkan kita juga bisa mencari update-an terbaru dari informasi tersebut.

BACA JUGA : 5 LAYANAN CLOUD BACK UP TERBAIK DI 2021

Karena di search tools ini memiliki Fitur bahasa, waktu unggahan, dan pilihan hasil.

Note : Pada fitur "waktu unggahan", kita bisa pilih di "1 jam terakhir" jika ingin mengetahui update-an terbaru mengenai informasi yang di cari.

7. "Related:nama website"

Penulisan kata perintah "Related:nama website" berfungsi untuk mencari situs-situs yang memiliki kemiripan yang serupa yaitu dari kategori pembahasannya.

Contoh, kita ingin mencari jenis website yang serupa dengan situs berita ketik "Related:Detik.com" bisa di lihat di gambar kalau ada situs berita lain yang muncul.

8. Kalkulator

Google juga menyediakan fitur kalkulator, namun hanya perhitungan dasar saja seperti mengurangi, menambah, mengalikan, dan membagi, dan lainnya.

Contoh, kita bisa ketikkan angka ( 12*10:4+268-6 ), kita enter dan google akan masuk fitur kalkulator dan langsung memberikan jawaban hasilnya.

Hanya untuk perhitungan dasar, tidak bisa hitung-menghitung dengan Rumus seperti aljabar.

BACA JUGA : CARA AGAR LAPTOP AWET DAN TAHAN LAMA

Mungkin belum sekarang atau google sedang mencoba mengembangkan fitur kalkulatornya, tapi kalu sekarang mau mencari mengenai perhitugnan rumus-rumus mungkin bisa lihat di website-website pendidikan.

9. Tanda Kutip ( "kata" )

Fungsi dari penggunaan tanda kutip ( " ) ini digunakan untuk mencari sesuatu atau informasi dengan lebih spesifik, yaitu dengan memberikan simbol tanda kutip pada awal kata dan tanda kutip lagi di akhiran kata.

Contoh, kita ingin menelusuri kata ("Denfol"), google akan otomatis memberikan informasi secara spesifik mengenai kata tersebut.

Jika kita mencari informasi mengenai website seperti diatas Denfol, informasi yang di berikanpun berupa website dan hal-hal yang berhubungan dengan kata denfol.

10. "link:namawebsite.com"

Kita bisa menggunakan parameter "link:" untuk menelusuri melakukan pencarian mengenai situs web dengan cara mengaitkan nama situs web.

BACA JUGA : TRIK SEARCHING GOOGLE LAINNYA YANG LEBIH MUDAH DAN TEPAT

Penggunaan kata perintah "link:" ini bisa digunakan jika kita mencari situs web tersebut berkaitan dengan situs web yang lain.

Contoh, website kompas tekno yang situsnya sudah terkait dengan situs youtube, jadi kita bisa menggunakan parameter atau kata perintah seperti ini "Link:youtube.com/kompastekno".

Pada gambar di atas, hasil pencarian yang di berikan kepada kita hanya berupa beberapa video dari kompas tekno yang berada pada situs youtube.

Post a Comment for "Cara Praktis Mempermudah Searching di Google jadi Lebih Efektif Akurat"