Fitur Baru ZOOM yang memberikan Keamanan Pengguna Lebih Terjamin - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Baru ZOOM yang memberikan Keamanan Pengguna Lebih Terjamin

ZOOM - Aplikasi zoom sudah menjadi salah satu perangkat yang menjadi sorot perhatian bagi para masyarakat dari awal terjadinya masa pandem, bahkan hingga sekarang pun masih tetap digunakan.

BACA JUGA : CARA AGAR SEARCHING GOOLGE LEBIH MUDAH DAN AKURAT

Para pengguna yang menggunakan aplikasi zoom ini banyak digunakan di berbagai kalangan terutama pekerja kantoran, para mahasiswa/i, dan anak sekolah yang dimana semua pekerjaan hanya bisa dilakukan dirumah.

Zoom merupakan aplikasi meeting secara online lebih dari satu pengguna dengan cara berkomunikasi melalui video call (video dan suara), yang dapat digunakan pada bergbagai perangkat baik itu dari seluluer maupun dari dekstop.

Bahkan aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh para pekerja dan anak sekolah, tetapi juga digunakan oleh mereka, para pegiat seminar secara online atau yang biasa disebut dengan WEBINAR, Sedikit penjelasan mengenai ZOOM.

Kapan Aplikasi Zoom Berdiri

Zoom pertama kali di resmikan pada tahun 2011 oleh Eric Yuan, CEO Zoom Technologies, Inc.

Lebih tepatnya saat ide pertama kali muncul waktu Eric di masa kuliah saat menjalin hubungan jarak jauh dengan kekasihnya.

BACA JUGA : 10 SITUS WEB PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Dimulai pada tahun 1997 Eric pindah ke Silicon Valley yang kemudian diterima bekerja oleh persuhaan video conforence yaitu Webex. Setelah menjalani pekerjaan selama 10 tahun Eric di akusisi dan diangkat menjadi salah satu wakil presiden di perusahaan Cisco.

Kemudian Eric pun menceritakan ide-ide yang muncul waktu masa kuliahnya kepada perusahaan Cisco, membuat video conference.

Namun sayangnya hal tersebut malah ditolak para petinggi Cisco, yang dimana akhirnya ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari persuhaan tersebut, yang mulai lah pada 2011 muncul Aplikasi meeting online atau ZOOM.

Fitur-fitur Zoom

Salah satu alasan zoom menjadi aplikasi yang di gandrungi oleh banyak masayarakat karena terdapat fitur-fitur yang tersedia memenuhi kebutuhan para penggunanya, dari :

  • Rekaman dan Transkrip
  • Video dan Audio HD
  • Obrolan Tim
  • Fitur penjadwalan
  • Alat kolaborasi bawaan
  • Keamanan

Fitur Baru Keamanan ZOOM

Zoom sudah mengumumkan serangkaian fitur keamanan baru yang sudah bisa di manfaatkan oleh para penggunanya.

BACA JUGA : TIPS DAN CARA SUKSES SAAT MELAKUKAN INTERVIEW KERJA DENGAN BENAR

Yaitu dengan fitur enskripsi end-to-end yang sudah diluncurkan pada Oktober lalu di Zoom Meetings, yang sekarang sudah tersedia khusus untuk para pengguna Zoom Phone.

Fitur zoom end-to-end (E2EE) membuat percakapan pada video konferensi di Zoom jauh lebih aman, yang dulunya hanya bisa diakses oleh pengguna Zoom lewat PC, iOS, Mac, Android, dan Zoom Rooms.

Fitur E2EE sistem keamanan yang menggunakan enkripsi 256 bit AES GCM yang mengamankan Zoom secara default, bisa dibilang siapapun yang mau mengakses atau tim internal Zoom sendiri tidak akan bisa mengakses data video konferensi milik kita.

Selain dari iut, Zoom juga mengumumkan ada 2 fitur lain yang di rancang untuk meningkatkan level keamanan platformnya, yaitu Bring Your Own Key (BYOK) dan Verified Identity.

BYOK : Sistem keamanan yang dimana kita tidak perlu melepas kontrol atas kunci enkripsi keamanan data dalam penyimpanan (Cloud), penguncian data yang tidak dapat diakses oleh siapapun kecuali kita.

Verified Identity : Sistem Keamanan yang mewajibkan kita untuk memverifikasi data diri terlebih dahulu untuk melakukan berbagai pekerjaan di perangkat tersebut, dari log-in, pengiriman file, atau mungkin akses data.

BACA JUGA : 5 LAYANAN CLOUD BACK UP TERBAIK DI 2021

Verifikasi identitas bisa mencakupi gmail, KTP, data diri dan password, nomor hp, maupun sidik jari dan lainnya.

Post a Comment for "Fitur Baru ZOOM yang memberikan Keamanan Pengguna Lebih Terjamin"