FONT Sebagai Sarana Daya Tarik Pelanggan di Dunia Designer & Pekerjaan - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FONT Sebagai Sarana Daya Tarik Pelanggan di Dunia Designer & Pekerjaan

Font - Dalam dunia pekerjaan atau saat kita melakukan pelamaran pekerjaan pun kita di harus memperhatikan beberapa hal agar di terima di suatu Pekerjaan, salah satunya ialah saat pembuatan CV kita menggunakan font yang tepat dan menarik untuk di lihat HRD nantinya.

BACA JUGA : CARA BUAT PORTOFOLIO UNTUK MULAI MENITI KARIR

Tentunya, Hal ini juga berpengaruh di beberapa orang yang bekerja di bidang Freelance atau pekerjaan yang berhubungan dengan font, khususnya di bidang pekerjaan Designer.

Dan bidang designer tersebut juga ada beberapa macam, seperti Web Designer, Logo, Branding, atau Typography, dan lainnya, beberapa bidang yang disebutkan sangat berhubungan dengan penggunaan Font yang tepat dan menarik daya tarik orang-orang.

    Itulah kenapa kali ini kita akan membahas font-font utama atau karakter teks huruf seperti apa yang cocok digunakan di bidang pekerjaan atau penggunaan CV.

  • Apa itu Font

Font merupakan sebuah rupa huruf atau beberapa karakter huruf yang memiliki ukuran, berat,desain, dan gaya unik masing-masing. Namun penggunaan huruf yang digunakan tetap sama, yang artinya tidak menambah lebih jenis huruf dari A - Z.

  • Contoh Desain font ialah Arial, Courier, Times, Helvetica, dan lainnya.
  • Contoh Berat font ialah Light, Regular, Bold, Extra Bold, Italic, Extended, dan lainnya.
Dan untuk gaya hurufnya ialah bentuk dari karakter font sendiri yang berbeda-beda dan unik.

1. Calibri

Alasan pertama kenapa font jenis calibri masuk sebagai salah satu font yang cocok digunakan ialah karena Font Calibri sudah menjadi default font di Microsoft Word sejak 2007 silam.

Atau diartikan sebagai font standar yang sering digunakan oleh orang-orang yang dimana pada saat kita gunakan dalam pembuatan Resume atau laporan di pekerjaan atau yang lainnya dan pembuatan CV (Curriculum Vitae).

BACA JUGA : 6 PEKERJAAN YANG MEMILIKI GAJI TINGGI TANPA IJAZAH

Sehingga orang-orang sudah familiar dengan jenis karakter font ini yang dimana membuat pembaca menjadi nyaman saat melihatnya, dan salah satunya bentuk font ini memang terlihat sederhana namun tetap terlihat profesional.

2. Script

Font Script yang memiliki daya tarik yang sangat membuat orang-orang bisa terpana ketika melihat bentuk font ini jika digunakan dengan sangat tepat dan sempurna, salah satunya ialah seperti logo Instagram, Pinterest, Ford, Cadillac, Coca Cola, dan lainnya.

Alasan kenapa font ini bisa membuat orang terpana adalah :

  • Desain

Font Script memiliki beberapa bentuk atau desain font yang beragam, namun tetap memiliki karakteristiknya tersendiri yaitu lengkungan-lengkungan yang elegan yang dimana orang ketika melihatnya sudah tau bahwa tulisan ini menggunakan Font Script.

  • Sifat

Kedua, ialah sifat dari font ini, kenapa font ini bisa terlihat memiliki daya tarik yang fantastis. Alasannya ialah tulisan yang menggunakan font ini memberi kesan yang Elegan, Kreatif, Old-fashioned, Trendy, Personal, dan Natural.

  • Penanganan

Ketiga, Penanganan Font ini benar-benar wajib dilakukan dengan teliti agar sempurna, dari bentuk judul, sebagai fokus utama, temanya, larangannya, ruangnya, dan lainnya.

Untuk penjelasan penanganannya bisa klik link dibawah :

Font ini sangat cocok dan fantastis digunakan oleh seorang designer, seperti dalam pekerjaan pembuatan sebuah Logo dan Brand.

3. Sans-Serif

Banyak para designer menggunakan jenis karakter font ini sebagai judul sebuah brand atau tema produk yang sedang di desain, seperti pada contoh gambar di bawah.

Note : yang kotakin warna hitam ialah Logo yang sudah diganti ke font Sans-serif, lihat lah.

Font Sans-serif di gunakan dengan bentuk teks 1 warna yang terlihat Polos, Minimalis namun tetap tampak Profesionalis.

Itulah alasan utama penggunaan jenis font ini, yang dimana informasi dari suatu brand sudah dikomunikasian dari bentuk tulisan yang sederhana itu.

4. Cambria

Font Cambria dikatakan sebagai font Times New Roman Versi terbaru, yang bisa dikatakan sebagai salah satu jenis font yang sering digunakan oleh orang-orang.

Dan font Cambria menariknya ialah tidak hanya cocok pada saat di tampilkan di monitor, dalam bentuk versi dokumen asli atau yang sudah di print.

BACA JUGA : 10 SITUS WEB PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Maksudnya adalah font Cambria mempunyai bentuk tulisan yang mudah untuk dibaca walaupun menggunakan ukuran font yang kecil (12pt) seperti Font Georgia dan Font Calibri.

Jadi penggunaan font Cambria cocoknya digunakan pada lampiran sebuah dokumen seperti  CV dan laporan atau resume sebuah pekerjaan.

5. Georgia

Font Georgia hampir mirip seperti dengan font Cambria dan Font Calibri juga, yang menjelaskan bahwa font ini cocok digunakan pada pembuatan sebuah CV atau resume pekerjaan.

Namun, font ini hanya cocok digunakan dan dapat dibilang khusus dipakai untuk tampilan di monitor saja dan buruk ketika dalam bentuk dokumen asli.

Maksudnya adalah CV atau resume (laporan) yang kita kerjakan hanya bagus dengan font ini jika dibuka di file PDF, WORD, EXCEL, Atau format file komputer lainnya, atau bisa dibilang pengiriman Soft Copy.

Note : Soft Copy adalah hasil teks pekerjaan kita dicetak atau dikirim dalam bentuk file (format save PDF,Word, atau lainnya) di media penyimpanan kita dan dikirimkan ke orang lain, bisa melalui email atau upload file lainnya yang hanya bisa dilihat di media dengan layar monitor seperti (Komputer dan Smartphone).

Nah, yang membedakan font georgia dengan bentuk kedua font yang disebutkan ialah font ini lebih mudah dibaca karena font ini mempunyai desain penekanan garis yang lebih tebal walaupun digunakan dalam ukuran yang kecil (12pt).

BACA JUGA : WORK FROM HOME - CARA AGAR BISA MULAI KARIER DARI RUMAH

Masih banyak font-font lainnya yang juga bagus untuk digunakan, tapi ke 5 font yang disebutkan ini termasuk sebagai TOP TIER font yang sering digunakan karena kualitasnya, walaupun font terkesan hal sepele nyatanya tidak, hal yang kecil atau sepele tetap bisa memberikan dampak yang besar.

Post a Comment for "FONT Sebagai Sarana Daya Tarik Pelanggan di Dunia Designer & Pekerjaan"