Cara buat Portofolio untuk Mulai Meniti Karir - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara buat Portofolio untuk Mulai Meniti Karir

Portofolio adalah salah satu syarat utama dan dapat dijadikan sebagai senjata bagi para pencari kerja. Bagi para rekruter yang berjiwa dinamis dan modern, portofolio yang menarik tentu akan menentukan besarnya peluang kita. Kalau portofolio yang kamu miliki sudah oke, tentu saja bisa membuat kita memiliki kesempatan besar untuk dipanggil dalam sesi interview.

BACA JUGA : FONT SEBAGAI SARANA DAYA TARIK PELANGGAN DI DUNIA DESIGNER & PEKERJAAN

Tapi bagaimana jika kita merupakan seorang newbie alias orang yang benar-benar baru terjun ke dunia kerja? Jangan khawatir! Kita bisa belajar dan berlatih membuat portofolio secara online kok.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam membuat portofolio adalah keterangan kualifikasi diri yang menunjukkan secara jelas pencapaian. Artinya selain menarik secara visual, tentu saja isi dari portofolio sangat penting.

    Maka dari itu kita bisa mencoba beberapa tips dan langkah untuk membuat portofolio menarik secara online di bawah ini.

1. Tentukan platform yang cocok sesuai selera

Tahukah kamu bahwa sangat banyak platform yang menyediakan template untuk membuat portofolio karir? Kamu bisa mencoba dari Canva atau bahkan aplikasi yang tersedia di Google Playstore lho. Dengan berbagai format penyimpanan, pastikan hal ini sesuai dengan ketentuan dari perusahaan yang kamu tuju ya!

2. Ceritakan tentang diri kita secara profesional

Poin ke 2 ini sering kita lupakan sebagai seorang pemula. Meskipun kamu newbie, cara penceritaan di dalam portofolio haruslah dilakukan secara profesional. Apa maksudnya?.

BACA JUGA : WORK FROM HOME - CARA AGAR BISA MULAI KARIER DARI RUMAH

Kita bisa mencoba cara dengan memasukkan kolom atau bagian "About Me" di dalam portofoliomu. Pada bagian ini, kamu dapat mendeskripsikan mengenai diri sendiri dan jenjang karir yang ingin didapatkan di kemudian hari.

Selain itu, masukkan juga beberapa pengalaman internship yang pernah kita lakukan selama ini.

Hal-hal tersebut akan membuat portofolio kita lebih menarik perhatian pembaca karena berani mendeskripsikan diri secara lebih jauh.

3. Buatlah list atau daftar kualifikasi yang kita miliki

Membuat list mengenai kualifikasi diri tidak boleh dilupakan dalam proses membuat portofolio ya, Daftar kualifikasi atau kompetensi yang kita miliki akan sangat berguna bagi rekruter untuk memilah dan memilih individu yang memenuhi kualifikasi yang dicari.

Selain itu, hal penting yang tidak boleh diremehkan adalah mengenai penyesuaian kualifikasi

 Kita harus menyesuaikan list atau daftar kualifikasi diri dengan kualifikasi yang dicari oleh pihak rekruter. Oleh sebab itu biasakan cermat membaca sebelum membuat portofolio karir.

4. Tunjukkan project yang pernah kita garap

Poin ke 4 ini akan memberikan poin plus bagi kita di mata rekruter. Lakukan list project garapan ini dengan menambah keterangan eksplanasi mengenai project tersebut.

Bisa dengan memberikan visualisasi atau gambar, penjelasan dan deskripsi mengenai project tersebut, overview project, masalah dan solusi yang ditawarkan pada saat pengerjaan project tersebut.

BACA JUGA : 19 KATA-KATA YANG TERBUKTI AMPUH UNTUK PROMO

Selain penjelasan-penjelasan, di akhir bagian ini kita bisa menambahkan mengenai dampak atau peran kita di dalam project yang telah dikerjakan sehingga akan menambah kesan profesional.

5. Beri penutup dengan ajakan persuasif

Poin terakhir ini tidak kalah penting dengan lainnya saat kita ingin membuat portofolio untuk memulai karir.

Apa maksud dari 'ajakan persuasif' di dalam portofolio? Ajakan ini ditandai dengan kalimat ajakan yang dapat memberikan kesan untuk mengajak kerja sama pada portofolio.

Kita bisa menambahkan kalimat "Let's work together" atau ajakan serupa dengan pelengkap informasi kontak pribadi berupa e-mail atau nomor telepon.

Salah satu contoh bentuk Portofolio menarik.

    Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita terapkan untuk membuat portofolio diri  menjadi semakin menarik di mata rekruter. Jika kita adalah seorang pemula, jangan ragu untuk terus berlatih agar mendapatkan karir yang diidamkan ya!

Post a Comment for "Cara buat Portofolio untuk Mulai Meniti Karir"