Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 kewajiban anak perempuan terhadap orang tua meski telah menikah

5 kewajiban anak perempuan terhadap orang tua meski telah menikah

Seorang anak wajib untuk berbakti kepada orang tua meski setelah menikah. Di dalam Al-Quran di jelaskan dalam Surah An-Nisa Ayat 36.

"Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri."

BACA JUGA : 6 HAL YANG TAK PERLU KAMU UMBAR KE ORANG LAIN ATAU SOSMED

Didalam Al-Quran ada banyak sekali surah yang membahas tentang kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada orang tua. Meski sudah menikah kewajiban untuk berbakti kepada orang harus tetap di lakukan. 

*Berikut ini, 5 kewajiban Tersebut :

1). Tetap Berbakti kepada Orang Tua

Meski sudah memiliki suami, seorang anak perempuan wajib untuk tetap berbakti kepada orang tua. Salah satu keutamaan berbakti kepada orang tua adalah memiliki umur yang panjang serta kelancaran rezeki.

Pada dasarnya rezeki seseorang memang sudah di atur dan ditentukan kadarny, tapi kita harus tau bahwa Ridho Allah adalah ridho orang tua.

Hal ini lah yang membuat seorang anak wajib untuk berbakti kepada orang tua.

2). Membantu Kehidupan Orang Tua

Membantu kehidupan orang tua dalam artian masih memberi nafkah meskipun sudah menikah, hal ini dilakukan agar orang tua tidak lagi merasakan kesusahan dan mencari nafkah sendirian.

BACA JUGA : ADAB BERGAUL TERHADAP ORANG YANG LEBIH TUA DAN TATA CARA...

Dalam membantu kehidupan orang tua sama halnya dengan kita berbakti dengan orang tua.

3). Bersilaturahmi dan Menjalin Komunikasi

Setelah menikah Munkin akan memiliki rumah sendiri dan bisa saja akan jauh dari orang tua, dan jika sudah demikian maka komunikasi pun akan jarang. 

Meski jauh dari orang tua, Komunikasi pun harus tetap di lakukan selain itu menjaga silaturahmi juga sangat lah penting. 

4). Tidak Menyulitkan atau Bergantung Diri Kepada Orang Tua

Jika sudah memiliki rumah tangga sendiri kita tidak harus membebankan diri terhadap orang tua. Hal ini justru sebaliknya yang harus di lakukan seorang anak, yakni membahagiakan orang tua.

Jika sudah Menikah dan masih memiliki orang tua maka kewajiban untuk berbakti kepada orang tua harus terus dilakukan.

5). Melayani Orang tua di Masa Renta

Melayani orang tua di masa renta adalah kewajiban anak, disaat masa-masa itu seorang anak harus melayani orang tua dengan baik, dan harus di jalani dengan ikhlas.

BACA JUGA : PENGERTIAN BERGAUL DENGAN TEMAN SEBAYA DAN CARA MENCARI TEMAN M...

Mungkin kita harus mengingat bahwa saat kita masih kecil orang tua selalu merawat kita sampai besar. 

Post a Comment for " 5 kewajiban anak perempuan terhadap orang tua meski telah menikah"