Firqah Ilmu kalam|Hubungan ilmu kapam dengan ilmu lainnya|peranan ilmu kalam dalam kehidupan - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Firqah Ilmu kalam|Hubungan ilmu kapam dengan ilmu lainnya|peranan ilmu kalam dalam kehidupan



Firqah Ilmu Kalam

1). Firqah Khawarij

Yaitu golongan yang keluar dari golongan Ali serta menentang golongan Ali dan Muawiyyah.

Ajaran mereka adalah mereka yang melakukan dosa baik besar mau-pun kecil mereka dihukum kafir, dan yang berhak menduduki jabatan khalifah itu bukan hanya orang orang kafir.

2). Firqah Murji’ah

Yaitu golongan yang ada pada saat terjadi peristiwa perkelahian antara Ali, khawarij dengan golongan muawiyyah, golongan ini bersifat netral atau tidak memihak salah satu golongan.

BACA JUGA : SEJARAH DAN LATAR BELAKANG ILMU KALAM

Mereka memiliki ajaran yaitu seseorang yang berbuat dosa baik besar maupun kecil tidak di hukum kaϐir tidak juga mukmin melainkan dikembalikan ke-pada Allah SWT pada hari kiamat.

3). Firqah Jabariyah

Yaitu salah satu golongan yang timbul bersamaan dengan ϐirqah Qodariyyah yaitu muncul karena menentang kebijakan politik bani Umayyah yang dianggap kejam.

Ajaran mereka yaitu apa pun yang dilakukan manusia baik dan buruk adalah terpaksa karena semua yang mengatur apa yang dilakukan manusia hanyalah Allah SWT, jadi manusia tidak tahu apa-apa.

4). Firqah Qadariyah

Golongan ini berkembang karena pertentangan terhadap kebijakan bani Umayah yang sangat kejam. 

Ajarannya yaitu Allah maha adil maka Allah SWT akan menghukum orang orang yang berbuat jahat dan memberi kebaikan kepada orang –orang yang berbuat baik.

BACA JUGA : PERBANDINGAN PEMIKIRAN ALIRAN KALAM

Manusia itu bebas menentukan nasibnya sendiri dan memilih perbuatan yang baik ataupun buruk, jika Allah SWT menentukan terlebih dahulu nasib kita maka Allah itu dzalim.

Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu-ilmu lain

1). Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu Fikih

Ilmu Kalam mengarahkan sasarannya kepada soal-soal kepercayaan (akidah) sedangkan Fiqh sasarannya adalah hukum-hukum perbuatan lahiriyah mukallaf (ahkam al amaliah).

Ilmu Kalam dapat menguatkan akidah dan syari’ah, sedangkan Ilmu Fiqh berusaha mengambil hukum sesuatu yang tidak dijelaskan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

2). Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu Tasawuf

Objek kedua ilmu itu membahas masalah yang berkaitan dengan Ketuhanan.

BACA JUGA : PENGERTIAN DAN DOKTRIN AJARAN ALIRAN MURJI'AH

Salah satu Objek kajian ilmu kalam yaitu Ketuhanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan-Nya. Sementara objek kajian tasawuf adalah Tuhan, yakni upaya-upaya pendekatan terhadap-Nya.

3). Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu Falsafah

Ilmu kalam dan filsafat Islam mempunyai kaitan sebab, pada dasarnya ilmu kalam adalah ilmu Ketuhanan dan keagamaan.

Sedangkan filsafat Islam adalah pembuktian intelektual melalui pengamatan dari kajian langsung.

Ilmu kalam berfungsi untuk mempertahankan keyakinan ajaran agama yang sangat tampak nilai-nilai Ketuhanannya. Sedangkan filsafat adalah sebuah ilmu yang digunakan untuk memperoleh kebenaran rasional.

Peranan Ilmu Kalam dalam Kehidupan

1). Memahami kembali makna ajaran Islam dengan argumen logika yang benar

Al-Quran mengajak manusia memecahkan sesuatu problema dengan cara yang pasti berdasarkan dalil-dalil pikiran dan intuisional yang masuk akal dan diterima jiwa.

Unsur keimanan menjadi sangat penting dalam memaknai kehidupan, karena boleh jadi yang kita anggap benar menurut nalar, tidak demikian menurut Al-Quran.\

Fitrah beragama ini dipupuk oleh Al-Quran dengan anjuran melihat alam sekeliling manusia sehingga imannya bertambah diantara-Nya dengan merenung dan berpikir bagaimana kejadian di langit dan bumi yang dicipta Allah dengan penuh kesungguhan, Allah mencipta alam raya dengan tidak sia-sia yakni, pasti ada pada tujuan dari pencipaanya bagi kehidupan manusia (QS. Ali Imran [3]: 190-191)

2). Memahami keberagaman keyakinan dengan sikap toleran

Ketika agama menjadi persoalan keyakinan yang sangat fundamental, masalah toleransi dan pemahaman atas posisi masing-masing penganut keyakinan menjadi kunci penting bagi keselarasan dan keharmonisan kehidupan beragama.

BACA JUGA : PENGERTIAN ALIRAN MATURIDIYAH

Apalagi, hidup di tengah negara yang sejak awal telah terlahir sebagai bangsa yang syarat dengan kemajemukan budaya dan warna teologi sebagai penyelaras hubungan antara umat dengan Tuhannya.

Jika orang memahami sejarah pemikiran di dalam Islam tentang munculnya aneka pemahaman aliran itu, dianggap sebagai realitas sejarah dan tidak lantas dianggap sebagai sesuatu yang baru.

Salah satu sikap yang dapat dikembangkan adalah mengembangkan sikap saling memahami posisi masing-masing. Selanjutnya, mengembangkan sikap yang lebih arif (bijaksana) dalam melihat implikasi-implikasi atas satu tindakan.


Post a Comment for "Firqah Ilmu kalam|Hubungan ilmu kapam dengan ilmu lainnya|peranan ilmu kalam dalam kehidupan"