Tips Membuat Foto Produk Jadi Menarik untuk Jualan Online - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Foto Produk Jadi Menarik untuk Jualan Online

Jualan Online - Bagi selaku usaha yang melakukan jualan online maupun bisnis online dari yang besar maupun yang kecil juga sudah tahu bahwa elemen yang sangat penting dalam melakukan usaha sistem online ialah Foto Produk.

Pelaku Usaha Kecil Mandiri (UKM) sudah mulai semakin banyak dan saingan dimana-mana, dengan memberikan foto produk yang bagus, mata para calon pembeli pun mulai tertarik akan perhatian bagusnya produk yang di tawarkan dimana platform marketplace kita jualan.

BACA JUGA : TRIK SEARCHING GOOGLE LAINNYA YANG LEBIH MUDAH DAN TEPAT

Ingat, Foto yang bagus belum tentu hanya memberi informasi secara visual mengenai produk kepada calon konsumen, namun juga bisa memperluas pasar jualan online ketika sudah memposting di media sosial.

Yang di sayangkan ialah banyak para penyandang UKM masih tidak tahu bagaimana membuat foto yang bagus, terkadang juga masih banyak yang berpikir bahwa foto yang bagus pasti menggunakan kamera yang bagus pula seperti menggunakan DSLR (Kamera Profesional).

Padahal untuk membuat sebuah foto produk yang bagus dan menarik daya tarik calon pembeli juga bisa menggunakan kamera ponsel, bahkan tidak harus menggunakan ponsel mahal (ponsel flagship) unggulan seperti iPhone.

Kita bisa melihat contoh hasil dari foto produk diatas menggunakan kamera dari ponsel Redmi Note 5, foto dari ponsel keluaran tahun 2..0 seharga Rp. 1 juta - 2 jutaan ini sudah mencukupi sekali bisa dipajang di toko online maupun marketplace media sosial.

BACA JUGA : KEYWORD PINTEREST YANG JARANG DIKETAHUI ORANG

Tapi, foto seperti ini memang cocok untuk jualan online yang kecil-kecilan saja, berbeda dengan Kamera DSLR yang kegunaannya memang untuk memotret bisnis jualan yang lebih besar pasarnya seperti restoran atau cafe.

Makanya itu menggunakan Redmi Note 5 ini sudah bisa dan mencukupi dalam mempromosikan barang dagangan di market online, kamera yang di gunakan : 

  • Kamera utama 12 MP (f/1.9)
  • Kamera kedua 5 MP (f/2.0)
  • Kamera depan 13 MP (f/2.0)

Cara Membuat Foto Produk Menarik

  • Sudut Foto (Angle)

Mengetahui sudut foto (angle) yang tepat juga memberikan hasil foto yang lebih menarik, karena jika kita mencontohkan memfoto 1 produk dengan dua angle yang berbeda keduanya memiliki daya tarik yang berbeda pula.

BACA JUGA : INILAH 6 ALASAN COWOK TIDAK MAU MEROKOK

Cara melakukan angle yang sempurna, ada kalanya kita mengasah kepekaan dalam mengatur maupun mengambil sudut pemotretan dengan melihat hasil dari foto-foto produk di media sosial dan hasil foto dari fotografer profesional

  • Pencahayaan

Salah satu elemen terpenting dalam melakukan pemotretan ialah bagian pencahayaan, dengan cahaya yang mencukupi untuk hasil foto, maka dijamin foto yang di potret akan menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

Dalam pencahayaan terdapat 2 sumber yang bisa kita lakukan :

  • Cahaya Alami (natural).
  • Cahaya Tambahan (buatan).

Terdapat perbedaan diantara keduanya, pada pencahayaan alami kita tidak bisa selamanya menggunakan cahaya yang tepat, karena harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus, seperti golden hour sehingga hasil foto pun menjadi lebih maksimal.

BACA JUGA : SIAPA SAJA ORANG YANG WAJIB BERADA DI KEHIDUPAN KITA?

Kenapa tidak dengan siang hari, siang hari atau tengah hari merupakan titik dimana cahaya matahari terik-teriknya atau bisa dibilang tampak berlebih, sehingga membuat hasil kamera menjadi terlalu terang (kontras tinggi).

Bagaimana dengan pagi hari, cahaya matahari pada pagi hari sekitaran jam 8 - jam 10 an adalah cahaya yang tepat untuk melakukan pemotretan seperti golden hour, cahaya matahari dalam konsisi yang lebih lembut (kontras sedang) yang cocok sekali untuk melakukan pemotretan.

Namun untuk cahaya tambahan, kita bisa melakukan sistem pencahayaan dengan bebas semau kita, karena kita mensetting tingkat pencahayaan mau itu kontras tinggi hingga rendah, pagi hari - sore hari.

  • Pengeditan

Walaupun foto hasil dari kamera Redmi Note 5 sudah terbilang mencukupi untuk di posting ke marketplace, kita tetap harus mengedit foto agar terlihat lebih menarik dari hasil foto tadi.

Untuk mengedit hasil foto kita bisa menggunakan beberapa aplikasi, mau itu dari android, PC dan Laptop.

BACA JUGA :  PROMO HARI INI PAKET K VISION LENGKAP DI BULAN OKTOBER 2021

Jika kita ingin mengedit menggunakan smartphone, kita bisa mencari di Play Store.

Disana ada banyak aplikasi editing yang bisa kita jajah untuk mempercantik foto produk, seperti Lightroom mobile, Inshot, Canva, dan lainnya.

Pada PC atau Laptop kita bisa mengedit menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Canva, dan lainnya.

Jika ingin mempercantik sebuah foto lebih baik kita cukup menguasai 1 atau 2 dari aplikasi saja, dan coba untuk belajar memaksimalkan bagaiamana agar foto tampak lebih menarik ketika di post di marketpalce.

Post a Comment for "Tips Membuat Foto Produk Jadi Menarik untuk Jualan Online"