Materi Akidah Akhlak Tentang Dinamis, pengertian, nilai positif dan hikmah dinamis - Denfol
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Akidah Akhlak Tentang Dinamis, pengertian, nilai positif dan hikmah dinamis


1). Pengertian Dinamis

Kata Dinamis berasal dari kata dynamic yang berarti bergerak, dalam bahasa Belanda dynamisch berarti giat bekerja, tidak mau tinggal diam, selalu bergerak dan terus tumbuh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dinamis berarti penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan.

BACA JUGA : MATERI AKIDAH AKHLAK TENTANG OPTIMIS

Misalnya, seorang yang ingin merubah pribadinya menjadi orang yang berilmu pengetahuan karena keutamaan dan derajatnya di sisi Allah, dalam hal ini dengan sendirinya ia akan belajar secara serius untuk mencapai tingkat pendidikan yang tertinggi walaupun keadaan ekonomi keluarganya sangat minim.

Seseorang yang memiliki jiwa dinamis tidak pernah diam dan berpangku tangan, ia akan terus berusaha secara serius untuk meningkatkan kemampuan yang ada dalam dirinya ke arah yang lebih baik dan lebih maju.

2). Nilai Positif Dinamis

a). Berpikir Progresif

Berpikir progresif berarti berpikir maju.

Seorang yang berpikir progresif akan menjadikan Al-Quran dan Hadits sebagai pijakan dirinya demi kebaikan di masa kini dan akan datang.

b). Menyesuaikan Dengan Pilihan Rerbaik Dalam Perkembangan Zaman

Ajaran Islam hadir bersifat dinamis bukan statis, oleh karena itu Islam menuntut pemeluknya untuk menampilkan aneka aktivitas yang dapat menjawab persoalan yang muncul.

Alternatif-alternatif jawaban persoalan pada tiap perkembangan zaman haruslah alternatif yang terbaik sehingga eksistensi Islam sebagai agama Rahmatan lil alamin tetap terjaga.

Seorang yang bersikap dinamis akan berusaha untuk turut mewarnai perkembangan zaman dengan tampil sebagai teladan kebaikan di lingkungan tempat yang bersangkutan tinggal.

c). Berpikir Futuristik

Seseorang yang memiliki semangat tinggi dan penuh energi selalu bergairah untuk mengadakan perubahan ke arah yang lebih baik dan memiliki kekuatan jiwa serta kemauan untuk menghadapi tantangan kesulitan yang dihadapi.

BACA JUGA : MATERI AKIDAH AKHLAK TENTANG INOVATIF

Pribadi seperti ini disebut dengan pribadi yang dinamis. Pribadi dinamis merupakan pribadi yang selalu aktif dan memiliki rasa optimisme yang besar di dalam mencapai sesuatu yang dicita-citakan.

d). Bekerja dengan Prinsip Amal Shalih

Seseorang yang dinamis tidak pernah merasa lelah untuk berbuat, baik perbuatan itu memiliki manfaat pada dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Hal ini dilakukan karena mereka mengetahui bahwa suatu perbuatan yang berdampak Positif pada orang lain pada dasarnya juga bermanfaat buat diri sendiri.

e). Teguh Dalam Menerima Cobaan

Ujian dan cobaan yang ada di dunia adalah sebuah kewajiban, siapa pun tidak bisa menghindar dari cobaan terlepas, itulah warna-warni kehidupan.

Salah satu tanda kebenaran dan kejujuran iman seseorang kepada Allah SWT adalah bersikap sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan, tidak satu pun di antara kita yang mampu menghalau ketentuan tersebut.

BACA JUGA : MATERI AKIDAH AKHLAK TENTANG KREATIF

Dan bagi seorang yang bersikap dinamis ujian dan cobaan tersebut merupakan sarana untuk meningkatkan derajat sebagai seorang yang berpredikat sebagai hamba yang tahan uji.

3). Hikmah Perilaku Dinamis

Hikmah membiasakan berperilaku dinamis dalam kehidupan sehari-hari diantara-Nya adalah :
  1. Dinamis merupakan suatu sikap yang selalu merasa semangat dan memiliki tenaga sehingga dengan cepat bergerak dam mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dalam dirinya.
  2. Orang yang dinamis akan terus berkembang, berpikir, cerdas, dan berkreasi, serta selalu beradaptasi dengan lingkungan.
  3. Seseorang yang bersikap dinamis tidak mudah untuk putus asa dengan segala prestasi-prestasi yang ia telah capai dan selalu untuk meningkatkan kemampuannya
  4. Orang yang dinamis akan bekerja keras dalam melakukan usaha, baik yang berhubungan dengan aspek duniawi maupun ukhrawi.

Post a Comment for "Materi Akidah Akhlak Tentang Dinamis, pengertian, nilai positif dan hikmah dinamis"